Menghitung Umur Dengan Excel

Mengetahui umur seseorang merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam hal administrasi. Pendataan kependudukan yang cepat dan akurat akan berpengaruh signifikan dengan pelayanan maupun informasi.

Excel memberikan kemudahan dalam melakukan penghitungan umur seseorang,  yaitu dengan memperhitungkan 2 data,  antara data tanggal akhir dengan data tanggal awal. Cukup kompleks, karena informasi yang akan diperoleh tidak hanya tahun tetapi bulan dan hari juga bisa diperoleh.

Sintaks:
=DATEDIF(date1,date2,interval)
  • date1 adalah tanggal awal
  • date2 adalah tanggal akhir (tanggal ke-2)
  • interval atau tipe informasi yang akan diperoleh.
Interval atau tipe informasi yang digunakan pada fungsi DATEDIF, diantaranya:
1. Y, digunakan untuk menghitung jarak tahun dari date1 sampai date2.
2. M, digunakan untuk menghitung jarak bulan dari date1 sampai date2.
3. D, digunakan untuk menghitung jarak hari dari date1 sampai date2.
4. YM, digunakan untuk menghitung jarak bulan pada tahun yang sama.
5. YD, digunakan untuk menghitung jarak hari pada tahun yang sama.
6. MD, digunakan untuk menghitung jarak hari pada bulan dan tahun yang sama.

Contoh menghitung umur dengan fungsi DATEDIF yang ada dan tersembumyi pada excel:
Pada kolom B3 adalah tgl lahir seseorang yang akan dihitung umurnya sampai dengan saat dilakukannya perhitungan (Tanggal update, mengikuti tanggal berjalan di komputer).

Pada kolom C3, masukkan formula:
=DATEDIF(B3,NOW(),"Y")&"Tahun"&DATEDIF(B3,NOW(),"YM")&"Bulan"&
DATEDIF(B3,NOW(),"MD")&"Hari"
Bunyi perintahnya:
"Hitung Selisih jarak Tahun antara tanggal awal pada kolom B3 sampai tanggal sekarang & "Tahun" & Hitung Selisih jarak Bulan pada tahun yang sama antara tanggal awal pada kolom B3 sampai tanggal sekarang & "Bulan" & Hitung Selisih jarak Hari pada bulan dan tahun yang sama  antara tanggal awal pada kolom B3 sampai tanggal sekarang & "Hari".

Perlu diketahui, bahwa fungsi DATEDIF ini sudah tidak ada di daftar insert function, apabila kita menggunakan MS Excel 2000 dengan melakukan pencarian pada help-nya, fungsi DATEDIF ini masih tersedia. Setelah itu, fungsi itu tidak tersedia lagi mulai MS Excel 2003 s/d 2010 sekarang ini, lihat saja saat dilakukan pengetikan formula DATE, autofill tidak memunculkan lagi DATEDIF:
Meskipun sudah tidak tersedia lagi fungsi DATEDIF, akan tetapi masih dapat digunakan rumus tersebut dengan mengetikkan manual, entah mengapa alasan microsoft tidak mencantumkan rumus DATEDIF ke dalam versi yang lainnya. Padahal fungsi DATEDIF ini hidup dan sangat berguna, sampai saat ini yang terdengar kabar hanya "fungsi ini dibiarkan bekerja karena demi kompatibilitas sheet excel dengan program preadsheet lain seperti Lotus123 dan yang lainnya".

..:: Semoga Bermanfaat ::..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghitung Umur Dengan Excel"

Post a Comment